Bulan puasa dan ajang momen buka bersama


Sore tadi saya menyusuri jalan menjelang matahari terbenam. Pemandangan umum saat menjelang buka puasa seperti biasanya: penjual makanan dan minuman dadakan, jalan yang mendadak ramai dengan motor berboncengan juga aneka menu kolak pisang sampai es durian ;P. Lalu saya pun melewati beberapa warung makan dan restoran. Momen seperti ini juga semacam peluang usaha bagi penjual takjil dadakan dan pengusaha makanan untuk mempromosikan menu spesial Ramadhan ;) Tempat-tempat yang tadinya seperti kuburan saat pagi sampai siang mendadak menjelma pasar malam. “Ahh…pada berbuka bersama nih”, pikir saya.

Rasanya seperti kemarin saya juga menikmati momen puasa sebagai ajang bertemu dan mempererat pertemanan. Walaupun tidak ikut berpuasa, saya rasa tiap orang seperti saya sepakat bahwa makan bersama itu esensinya ada pada bertatap muka dan bercengkerama itu. Tidak peduli tempatnya, tidak peduli menunya, yang penting ramai dan bersama-sama.

Tapi….meski beramai-ramai, belum tentu setiap orang mengalami sukacita yang sama. Ada yang datang karena tidak enak sudah diajak, ada yang malas abstain karena nanti dianggap gak asyik, ada juga yang hadir dengan alasan kewajiban. Apapun itu, di antara keramaian minimal 8 orang itulah, di antara gempita canda tawa…mungkin terselip satu dua khawatir atau rasa sepi yang tak nyaman.

Meski demikian, momen kebersamaan memang sudah seharusnya sebaik-baiknya dimanfaatkan. Meski tak nyaman, meski hanya basa-basi, meski tak setulus hati, bertemu orang-orang dan teman-teman bisa meringankan kesedihan atau meredam kesepian. Ajang ini bisa juga untuk mengingat kekonyolan atau cerita lama yang berkesan. Meski hanya nostalgila sementara, kita jadi yakin…antara kita dan mereka, ada benang yang sama. Untuk satu jeda sembari makan…kita boleh merasakan kebersamaan dan keceriaan.

Ayo perbanyak ketemuan dan mari kita bagi satu momen cerita penuh canda dan bahagia \(^0^)/

Jadi, bagaimana menurutmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s