Tangled: Aksi baru cewek rambut panjang


Yihaaaa! Bravooo!Plok plok plok!

 

Here they are!

Saya harus berdiri dulu untuk keplok-keplok buat film ini! Walau menyesal tidak nonton 7 menit pertama (Right!saya ketinggalan ‘pengungkit’ moodnya!), tapi saya benar-benar terhibur dengan film animasi 3D keluaran Disney ini. SANGAT. Kalau saya bilang: hey, ini lhooo dongeng modern yang ga menye-menye! Engga bikin memble! hahahaha!

Sebagai penggemar film gambar berwarna alias kartun, saya betul-betul kangen dengan film semacam itu dengan alur cerita yang bagus dan membuat saya mendesah di akhir tulisan “The End”. Nah, Disney sudah lamaaaa sekali tidak mengeluarkan film semacam itu. Terakhir rindu saya pada gambar klasik dua dimensi diobati dengan “Princess and The Frog” lalu kali ini ditambah dengan Tangled . Sepertinya Tiana dan Rapunzel bakal menambah anggota bagi jajaran Disney’s Princess. Putri-putri dari negeri dongeng kesukaan semua gadis kecil.

Tapi, kalau diperhatikan…rasanya ada perubahan angle cerita buat dongeng-dongeng remake Disney di masa ini. Kalau dulu, plot cerita dongeng tentang putri pasti berkisar seorang putri yang menunggu diselamatkan pangeran tampan dan mereka akan mengalahkan penyihir jahat lalu hidup bahagia selama-lamanya. Tapi dua film terakhir Disney ini berbeda. Tiana bukan putri dan dia hanya seorang gadis yang punya mimpi memiliki restoran sendiri dan Rapunzel tumbuh dewasa tanpa tahu bahwa dia adalah seorang putri. Kesamaannya, Disney menggambarkan mereka sebagai wanita tangguh: A fighting lady!

swing!

Bahkan si pangeran pun akhirnya juga bukan sosok yang sempurna. Emang sih, ganteng (tetep..hehehhe) tapi ya itu. Yang di Princess and the Frog pangerannya ternyata bangkrut dan rada pemalas. Di Tangled, Flynn Ryder (Zachary Levi) malah seorang pencuri narsis! Hags! Dia protes gara-gara poster buronannya digambar jelek di bagian hidung! wakakkakak!

Jadi, mitos bahwa putri harus diselamatkan pangeran itu sedikit-sedikit sudah mulai digeser. Pemeran utama ceweknya juga terlihat lebih enerjik dan optimis. Rasanya imej semacam ini semakin cocok untuk dongeng jaman sekarang.

Aksi laga dalam film ini juga boleh diberi jempol! Meski bau-bau Hollywood kental terasa, tapi bolehlaahh sebagai hiburan mata. Apalagi untuk sebuah film animasi berwarna yang pembuatannya rumit minta ampun! Adegan kejar-kejaran di bekas penambangan dan bendungan itu benar-benar keren! Aksi Rapunzel bisa dibilang mirip Lara Croft versi dongeng! Sangat seru dan detil! Kalau diperhatikan, si mbak Rapunzel ini sebenarnya juga tidak cantik-cantik amat. Dia punya sederet gigi yang agak tonggos…menurut saya lho ya. Tingkahnya konyol dan ceroboh. Tapi dia jago bermain laso dengan rambutnya dan dia seniman gambar yang bagus! Hobi yang bisa diacungi jempol selain merajut dan melamun yang biasanya dikerjakan putri-putri jaman dulu :D

Dan kalau boleh memprediksi lanjutannya, akan ada sekuel khusus serial bagi…….Maximus! Yeah! Bisa dibilang kuda ini adalah aktor harapan masa depan! #ngakak#

Mungkin dia adalah anjing penjaga yang terlahir sebagai kuda! Semacam trans-genetik gitu mungkin yaaa..Hahahahahhahaihahaha!! Maaf! Saya tidak bisa ngomongin kuda ini dengan wajah datar tanpa menahan ketawa! Hahahahhaha!

kuda yang ini ngotot banget!ha!

Kuda satu ini sangat hebat, dia menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan. Makanya dia menjadi kuda tentara kerajaan. Bahkan saat ia harus terpencar dengan penunggangnya, dia melacak sendiri Flynn dan kalau perlu menangkap dia dan membawa Flynn ke penjara! Hah!

Setia, jago pedang, berwibawa dan atletis…Wihhh! Saya ingin satu yang seperti ini! :D

Jika ingin tahu lebih banyak tentang ceritanya, bisa nonton sendiri atau baca disini atau kalau penasaran dengan proses di baliknya, bisa lihat disini dan saya sangat suka 9 Reasons to Be a Man and Get Pumped for Disney’s Tangled by Matt Patches ini. He absolutely damn right! Ha!

Dan inilah 5 adegan terbaik yang saya suka di film ini:

5. Saat Rapunzel memukul kepala Flynn yang nyasar ke menaranya!

interogasi ala Rapunzel ^O^

Adegan ini benar-benar kocak! Apalagi usaha Rapunzel memasukkan Flynn ke lemari dengan berbagai cara! Ouch! kok ya masih idup ya si Flynn..hahahha!!

4. Saat Rapunzel menghadapi gerombolan di Bar Bebek

sangar!

Pria-pria sangar yang  siap menghajar si Flynn mendadak beku saat Rapunzel tanya, “memangnya kalian ga punya impian?” dan mendadak si gundul jadi pianis selevel Mozart, si Algojo koleksi mainan imut dan si gendut jadi seniman pantomim! Hah! Ternyata mereka juga pernah punya impian!

3. Saat Maximus mendadak jinak!

Ahaayyy!!!Ini adalah adegan kocak yang paling menghibur!

Deal!

Si kuda akhirnya “mengakui” aslinya bahwa dia itu anjing!Hahahhahaihahahhohoohoh!!! Bisa-bisanya Rapunzel menyuruh dia duduk, melepas boot si Flynn dan menggaruk kuping dan Maximus…..mengibas-ibas ekor!!! Hahahahhahah!!! Rapunzel janji Max boleh mengejar Flynn lagi setelah misinya selesai dan selama itu dia harus “rukun” dengan Flynn…nah, everybody’s happy!

2. Saat Rapunzel masuk wilayah istana!

Adegan dansa rakyat disini keren banget! Senang juga lihat anak-anak perempuan kecil di situ diminta mengepang rambut super panjang Rapunzel jadi kepangan cantik! Ah! serasa melihat kesederhanaan dan kehangatan bersenang-senang!

1. Saat Rapunzel akhirnya melihat Ratusan Lentera (Tentunya!)

Adegan ini adalah klimaks cerita. Inilah alasan sampai Rapunzel nekat meninggalkan menara dan membohongi ‘ibu’nya. Di sini juga penonton jadi tahu emosi Raja dan Ratu yang kehilangan putri tunggal mereka selama bertahun-tahun. FYI, raja dan ratu sama sekali tidak mengucapkan dialog!tidak satupun! Saat akhirnya bertemu Rapunzelpun yang terdengarpun hanya desahan…lega anaknya pulang.

the family in the beginning

Saya terharu banget waktu lihat wajah ayah a.k.a the King yang menunduk saat ibu Rapunzel membenahi bajunya. Kalau dipikir, mungkin lentera-lentera itu dinyalakan setiap tahun pada hari ulang tahun sang putri untuk mengatakan, “Hey, jika kamu masih hidup di luar sana dan melihat ratusan cahaya ini, ketahuilah bahwa kami selalu menunggu di sini“.

 

and the lights...are for you my dear...

Dan disinilah mereka menyadari ada satu rasa yang tumbuh perlahan…

Akhir cerita, rambut yang ajaib tapi memancing keserakahan itu dilenyapkan. Mungkin memang lebih baik begitu….

 

Yeah, I love it!

3 thoughts on “Tangled: Aksi baru cewek rambut panjang

Jadi, bagaimana menurutmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s