Nama kok diberi negara (Salah ketik akte lahir)


Judul di atas terinspirasi dari percakapan dengan seorang teman. Namanya Willyna Widiyarini. Dia adalah “korban”. Sama seperti saya. Kami adalah anak-anak yang diberi nama oleh negara.

Ha!

Sekilas nama teman saya itu tidak aneh. Sampai kalau diperhatikan, nama belakangnya yang WIDIYARINI itu yang agak “gak masuk” :D Dimana-mana, nama widya itu ya ejaannya W-I-D-Y-A dan bukannya W-I-D-I-Y-A. Si petugas kecamatannya menambahi bonus satu huruf “I” yang sebenarnya tidak diterima dengan senang hati. Tapi mau bagaimana lagi? Biasanya orang tua pasrah saja. Males bok ngurusnya!

Lalu, kenapa saya juga ikut-ikutan jadi korban??

Soalnya sodara, nama saya tuh aslinya ILGA. Pakai “I” dan bukan “E”. Meskipun nama itu tidak punya arti tertentu karena cuma dicomot dari nama tokoh, tapi tetap saja kan? SALAH TULIS boook!

Saya dengar, yang salah ketik atau salah tulis semacam ini banyak lho kasusnya! Bisa dibilang, ini adalah tindakan yang cukup teledor mengingat wartawan saja ditegur editor kalau salah menulis nama narasumber. Akurasi bung! Akurasi! Entah para petugas itu hanya khilaf, atau justru mereka membubuhkan “interpretasi” pribadi mereka sendiri. Mbok ya kalau mau mengubah nama itu untuk anak atau saudara sendiri saja toh :D

Makanya, iseng-iseng gak berhadiah, saya coba buat pollingnya (ada di homepage)

. Diisi yaa. Mari kita hitung berapa jumlah orang yang salah ditulis namanya. Kalau teori saya benar, pasti ada minimal 2 di antara 10 orang yang namanya salah ketik, salah sambung, atau salah kaprah wakkksss!

Masih untung nama belakang saya yang Ayudi itu tidak salah disingkat jadi alat KB IUD! Wakakakakk! knock!knock! deehhh!

 

Cheer up!

Jadi, bagaimana menurutmu?

