Mencoba Yoga


Hari ini adalah hari perdana saya mencoba Yoga…

Minat mencoba olahraga satu ini bukan atas dorongan “Kata Zodiak Minggu Ini” lo yaaa (walau ada benarnya juga sih he… :P) Tapi setidaknya saya sudah ingin sejak bertahun lalu (supaya kelihatan serius sedikit). Olahraga ini seperti menjanjikan proses latihan yang lebih “tenang” dan “tidak terlalu menyulitkan”. Begitulah saya menangkap kesan tentang Yoga.

Sejak SD saya selalu dapat juara….urutan terakhir untuk urusan olahraga. apalagi yang melibatkan gerak, keseimbangan, bola, kelenturan..aaahh intinya saya benar-benar payah. Sampai nilai 6 di raport saya pun saya anggap sebagai “sumbangan” guru olahraga yang tidak tega. Bagi saya yang tak punya syaraf olahraga (mengutip istilah di komik Kariage-kun :D), Yoga seperti menawarkan kemudahan serta hasil yang baik untuk ketenangan jiwa saya hahaha!

Tapi SAYA SALAH SAUDARA!

Kenyataannya, Yoga memang bertujuan untuk menenangkan pikiran-hati-jiwa, juga membenahi struktur tubuh dan melancarkan sistem kerja badan, tapiiiiii ya memang tidak gampang!

Instruktur Yoga saya menyarankan agar kita memahami lebih dulu kondisi tubuh sendiri. Sebelum latihan ia menanyakan apakah saya memiliki cedera, darah rendah, atau kelainan tulang punggung? Saya jawab tidak. Sebab saya merasa tak ada masalah dan luka kecelakaan bahu saya sudah baik-baik saja. Tapi ketika proses meregangkan otot-otot, sang instruktur bisa tahu dengan mudahnya bahwa punggung bagian kanan saya tidak seimbang dengan sebelah kiri. Waw…menakjubkan! Akhirnya, ia mengubah program hari itu mengikuti kemampuan saya yang seorang pemula plus kelainan postur pula (meski tidak kentara) hahaha!

Sejak awal bangun pagi dan memaksa mata terbuka sudah tantangan sendiri. Tapi memantabkan tekad untuk mencoba hingga batas maksimal latihan juga sudah saya niatkan. Maka saya ikuti gerakan dan instruksi perlahan-lahan. Berusaha agar setiap gerakan memang benar dilakukan. Tapi dasar pemudi pemalas dan anti olahraga, saya harus berhadapan dengan momok gerakan olahraga: Cium lutut dan kelenturan pinggang! Tidaaakkkkk!!! Saya kan pemulaaa, beri saya sedikit belas kasihan dooonkkk *meratap manja sambil menari india: :D

Gerakan paling sulit adalah ketika saya harus menapakkan kaki sambil membungkuk dan menapakkan tangan sembari mengangkat pinggul ke atas sejauhnya..hoaaa!! Otot paha tertarikkk semuaa! Sang instruktur tidak tega melihat saya hampir menyerah rupanya, ia ambil excercise-belt dan menyelipkannya di perut saya dan menarik ke atas untuk membantu. Waahh..ternyata benar! lebih mudah! Meski otot yang teregang juga serasa mau copot! :D

seperti ini terlihat mudah, padahal...

Saya pikir sampai situ saja, tapi tidak! Menahan paha pada posisi seolah duduk padahal tidak ada kursinya juga menyiksa! Kata instrukturnya sih gerakan itu untuk memperkuat paha. Dia bisa melakukannya dengan enteng sihh..bikin iri saja! Selain itu instruktur masih menambah beberapa sesi yang merangkaikan tarikan punggung dan paha yang bikin kencang otot sampai sakit rasanya. Katanya gerakan itu berfungsi menyeimbangkan punggung kiri dan kanan saya yang tadi katanya besar sebelah. Yah…baiklah….

Sesi pagi ini dimulai jam 08.15 dan berakhir pada 10.00 WIB…lumayan lama dan melelahkan juga. Jika dikira yoga tidak menghasilkan keringat, pikir lagi. Tidak cuma keringat, tapi juga tremor hebat heheheh! Lutut saya tak berhenti gemetar bahkan setelah berapa saat.

Idealnya, Yoga dilakukan seminggu 2 x agar cakra yang telah terbuka tidak tertutup lagi (kata instrukturnya begitu). Tapi mengingat harga per sesi yang cukup mahal, ada baiknya saya irit jatah 4x latihan saya menjadi seminggu sekali :D Sudah cukup bagi saya yang anti-olahraga dan bangun pagi *bangga pada diri sendiri* :D

Suatu saat nanti semoga bisa begini...

Ayo kita memasyarakatkan olahraga! >> (jargon lawas pemerintah) :D

5 thoughts on “Mencoba Yoga

  1. hahaha.. sama ga, aku juga juara urutan terakhir kalo soal olah raga.. and that’s exactly why I love yoga too :D

Jadi, bagaimana menurutmu?

