Kenalan dengan Biennale Jogja XI


Perhatian: Bahaya hasrat menggelora untuk datang ke Jogja. #lebay

Ini ceritanya, di Jogja sedang berlangsung event senirupa yang keren: Biennale Jogja XI (sebelas) dari tanggal 26 November 2011 – 8 Januari 2012

Keren kenapa?

Pertama, event ini cuma ada dua tahun sekali, dan sekalinya diadakan, durasi atau masa berlangsungnya selalu lama (kali ini sekitar 45 hari). Itu berartiiii para pengunjung punya kesempatan lebih lama untuk menyaksikan karya-karya senirupa yang ditampilkan.

kedua, karena event ini dua tahun sekali, jadi untuk menunggu yang selanjutnya harus tunggu 2 tahun lagi kan? Hehehe

Ketiga, karena saya jadi tukang cuap-cuapnya wakakakakakak! *hakdessh*

tunggu dulu! Memangnya Biennale Jogja itu apa sih? Kok baru dengar?

Walah….baru tahu sekarang? Umm…kata “Biennale” sendiri artinya adalah “dua tahun sekali” (berasal dari bahasa Italia) lalu karena sering digunakan untuk merujuk event senirupa, maka kata itu identik dengan perhelatan senirupa. Sekarang ini, yang namanya senirupa itu bermacam-macam lho tidak cuma lukisan atau patung yang ada ‘rupa’ atau diwujudkan dalam gambar saja. Instalasi berupa gabungan teknik dan materi/media juga bisa disebut sebagai karya senirupa.

Biennale Jogja yang saya ceritakan sekarang ini adalah Biennale ke sebelas, artinya…wuih, sudah 22 tahun donk yaa…cukup tua juga untuk kontinyuitas penyelenggaraan event senirupa.

Tema Biennale Jogja kali ini adalah “Religiositas, Kepercayaan dan Keberagaman” dan menggandeng India sebagai negara mitra. Mitra kurator dan sebagian seniman pesertanya berasal dari India. Soalnya, Biennale Jogja, dimulai dari yang tahun ini, akan bergerak di wilayah Equator atau garis khatulistiwa. Setiap Biennale, selama 10 tahun mendatang, akan bekerja sama dengan negara-negara yang dilewati garis balik matahari. Yang dulu pelajaran Geografinya dapat 5, dicek petanya :D

Tema ini sendiri cukup menarik menurut saya, karena pembicaraan-pembicaraan soal agama dan keyakinan selalu berada dalam setelan “kehati-hatian” yang kadang agak berlebihan. Kita sebegitu takutnya bersinggungan dengan persoalan berbau agama karena takut dianggap tidak toleran dan lain-lain. Persoalan-persoalan agama, keyakinan, kepercayaan dan keberagaman inilah yang direspon para seniman peserta pameran senirupa Biennale Jogja dalam karya-karya mereka.

Mungkin terdengar “berat” dan membingungkan untuk kita melihat karya-karya itu. Saya sendiri pasti akan berucap “aduuh, aku kan bukan orang seni, manalah aku tau karya seni begini artinya apa” atau “ini sebenernya bentuk apa sih? Kok aneh gini?” Tenaaanggg…tenaaang. Untuk orang awam seperti saya, pedoman yang saya pegang erat-erat (wuih serius) ketika mengapresiasi karya seni cuma satu: dinikmati saja. Tidak perlulah kita berpikir terlalu jauh tentang makna, teknik atau gagasan senimannya. Cukup jawab saja pertanyaan ini: Apakah kamu cukup menikmati karya itu? Selesai. Saya sendiri biasanya suka dengan karya yang bentuk dan warnanya menarik. Hehehe sederhana banget yaa :)

Yang asyik lagi, tak hanya pameran senirupa saja yang diadakan di event Biennale Jogja XI ini. Banyak…banyak..banyak (sampai harus echo) sekali kegiatan, event, dan program pendampingnya. Tercatat ada beragam acara yang diadakan di bawah bendera Festival Equator, Parallel Events, seminar, diskusi, dan macam-macam lagi. Banyak bangettt! Kalau mau lihat infonya, bisa klik disini. Buat yang datang langsung ke Jogja, bisa juga beli buku Panduan Singkatnya yang dijual di ruang pameran Taman Budaya Yogyakarta dan Jogja National Museum seharga Rp 7.000,- saja (relakan duit beli bakso doang hehehe).

sudah dulu yaa, saya harus tidur..mau latihan bangun pagi biar setiap minggu mulai tanggal 4, 11, 18, dan 25 Desember 2011 nanti bisa ikut joget ala India di KM 0 Yogyakarta…achaaa achaaa gratisss achaaa!!!

Jadi, bagaimana menurutmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s