Diremukkan


Ada dua iklan air kemasan yang saya perhatikan belakangan ini. Yang satu merek lama. Sudah legenda di Indonesia. Konon harga sahamnya stabil. Meski lamban namun menguntungkan.

Eh tapi bukan itu yang mau saya bicarakan. Melainkan iklan. Betul, iklan. Merek air kemasan yang kedua juga sama-sama beriklan di teve nasional. Pesannya sama, bahwa air mereka murni, sehat, higienis dan bla bla bla.

Lalu apa yang sama? Ada kesamaan himbauan dalam kedua iklan: “usai air dihabiskan, harap botolnya diremukkan.”

Diremukkan.

Merek A*ua menunjukkan ayah bersama anaknya meminum produk mereka. Lalu kamera menyorot tindakan mereka yang meremukkan botol dan membuang ke tempat sampah. Sementara iklan merek a*es (atau apa, lupa saya), jelas-jelas menunjukkan alur konsumsi air dan perlakuan pada kemasan tersebut.

Buat apa sih diremukkan?

Well, sebelum iklan ini muncul, saya dan (pasti) sebagian orang beranggapan bahwa tindakan itu praktis dan perlu. Dengan diremukkan ada 2 manfaat praktis: pertama, hemat tempat saat disatukan bersama botol lain. Kedua, mencegah penggunaan ulang oleh pihak ketiga.

Yang kedua ini perlu diperhatikan dengan cermat. Harusnya, semua kemasan botol itu akan disetor ke pabrik asal bukan? Kepanjangan tangan pabrik ya para pemulung dan pengepul barang bekas.

Tapi kadang, botol yang masih berbentuk utuh ini disalahgunakan. Dijual pada pihak ketiga untuk jadi kemasan cairan. Kebanyakan sih dijual. Dengan melepas label merek tentu. Hal ini kan ilegal dan beresiko bahaya kesehatan. Jenis plastik yang digunakan bukan untuk penggunaan ulang.

Karena itu ingat ya: Minum, remukkan!

Nanti saya update lagi,

2 thoughts on “Diremukkan

Jadi, bagaimana menurutmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s