Termewek-mewek nonton film Korea: Hello Ghost


Note: spoiler alert. Yang belum nonton, back off! Yang udah nonton dan pengen ngobrolin ending, yuk mariiii..yang terlalu fanatik, gih sana pergi :D

picture taken from here

Sudah lama sebetulnya saya ingin nulis review film satu ini. Lalu lupa. He he biasaaa. Film ini saya tonton Sepetember 2011 dan baru ingat lagi gara-gara teman saya membahasnya. Jadi, saya buka-buka lagi kotak ingatan, dan mencari-cari alasan kenapa film ini sangat saya rekomendasikan buat Anda semua.Awalnya, film ini membuat saya kecewa saat menontonnya bersama teman-teman di sebuah bioskop keluarga. Sang penjaga merekomendasikan film Korea yang menurutnya lucu. Kami tidak punya pilihan saat itu, hanya ingin menonton sesuatu yang benar-benar lucu. Tapi 15 menit pertama kami cuma bisa ketawa terpaksa.

Secara sederhana, film ini cuma punya alur biasa di awal, terjemahan buruk, minim ekspresi, dan berpusat pada cowok yang punya kecenderungan bunuh diri, terpaksa digelendoti hantu karena dia tidak sengaja bertemu mereka. Mereka? Yap, tak hanya satu hantu yang nempel padanya minta dibawa kemana-mana, tapi..empat! Bayangkan berat dan menyedihkan cowok itu!

Entah nasib apes apa yang bikin Sang-Man, si tokoh utama kita gagal bunuh diri. Gara-gara itu, dia malah jadi bisa lihat hantu. Yang pertama ada sopir taksi pecandu rokok, lalu cewek berambut panjang yang gembeng alias cengeng, kakek-kakek mesum, lalu anak SD tengil yang kayaknya preman abis. Mereka ini entah bagaimana, menggelendoti Sang-Man dan numpang tinggal di rumahnya. Mereka juga bikin dia repot dengan bermacam permintaan dan menghabiskan persediaan makan (yang membuat saya juga heran, Sang-Man dapat duit dari mana ya? Dia kan pengangguran hi hi!). Tapi, dengan adanya mereka, Sang-Man akhirnya sedikit tidak kesepian padahal selama ini dia selalu sendirian. Well, tapi hantu-hantu ini jelas bukan tipe keluarga impian, sih

Nah, menuruti nasehat seorang paranormal, dia harus membantu hantu-hantu itu melepaskan “tanggungan” mereka di dunia supaya bisa pergi dengan tenang ke surga. Maka, dimulailah usaha keras Sang-Man untuk memenuhi permintaan mereka satu per satu. Dia meminjamkan badannya untuk digunakan mereka. Si kakek ingin menemukan sebuah kamera yang dipinjam temannya dan tidak dikembalikan, si anak kecil ingin makan permen raksasa bentuk ikan, sementara si cewek cuma ingin belanja dan masak makanan kesukaan anaknya.

Sayangnya, walaupun kayaknya udah melakukan semua yang mereka perintahkan, hantu-hantu itu gak pergi juga. Nasib…

Hingga akhirnya….eh, sebentar, saya boleh cerita spoiler-nya kan ya? Toh film ini sudah 1,5 tahun lebih umurnya. Jadi, ternyata tiap hantu itu punya hubungan pribadi dengannya. Dalam suatu rentang ingatan yang Sang-Man tidak tahu pernah ada, yang ia lupa pernah mengalaminya, ternyata mereka adalah…keluarganya sendiri! Ya, Sang-Man si cowok menyedihkan itu, yang enggak punya keluarga dan lupa asal-usulnya, ternyata kehilangan seluruh keluarga: kakek, ayah, ibu dan kakaknya dalam sebuah kecelakaan mobil. Sejak itulah mereka diam-diam memperhatikan dan “menjaga” Sang-Man supaya tidak celaka. Ternyata juga, yang membuat Sang-Man gagal menenggak obat adalah karena si kakek dan ibunya sibuk menghabiskan air minumnya sebelum ia berhasil menelan butiran-butiran obat tidur di awal cerita.

Kamera yang ingin ditemukan si kakek adalah karena memuat foto-foto keluarga mereka, permen yang ingin dimakan si anak kecil adalah permen yang ingin diberikannya kepada sang adik, sementara…masakan yang ingin dibuat si cewek cengeng adalah untuk…dirinya. Sedikit-sedikit kita bisa melihat betapa mereka sebenarnya tak pernah meninggalkan Sang-Man bahkan dalam momen-momen seperti kelulusan atau perayaan. Dalam foto yang terkesan sendirian, sebenarnya ada mereka semua bersamanya.

Damn! Saya nangis tergugu sampai sesak di 15 menit terakhir film ini! Pas saya toleh, teman-teman saya juga sibuk mengusap mata atau membiarkan matanya berkaca-kaca.

Begitulah, film ini menyebalkan tapi sangat tak terduga akhirnya. Sekarang sih anda pasti sudah bisa menduganya. Tipikal film Korea….tertawa garing sampai banjir air mata. Ah, lain kali saya akan lebih menahan cercaan saat melihat sampul DVD atau pemeran film yang tampangnya biasa-biasa ini. Siapa tahu, ada cerita yang sanggup menyedak dada dan membikin banjir air mata. Bukan begitu?

PS: draft posting ini ada sejak 2011 lho. Saya blogger malas sedunia ya? he he

37 thoughts on “Termewek-mewek nonton film Korea: Hello Ghost

  1. brusan gue nntn. untung blm kna spoiler jd pas ending ny w nangis kenceng bgt anjay wkwk. pdhl awalnya nntn srius dah bosen gtu. crta nya ya gitu2 aja. tp udah stngah jalan kan nnggung gitu. yaudh diterusin smp hbs. pas yg mulai dia ingat siapa keluarganya, smp slesai anjay w nangis bgt wkwk. untung drmh gda org. coba ada. malu w nangis gitu. soalnya sdih bgtttt..

  2. Ohh men trnyata seru ya filmnya pas baca ini. Tdnya udh smpet nntn stngh cuman akhirnya ga jd diterusin krna aneh di awal. Nyesel udh ngedelete filmnya dri laptop😭

  3. Sy td coba google ttg judul film ini.. dan amazing..ini film 2011 ..tp sy br nonton td siang di youtube pula..agustus..2014…. keren… trnyta itu keluarganya

  4. eh jadi inget dulu banget nonton film ini bareng bojoku dan Eta. Di akhir film, perasaannya yang nonton jadi kacau gitu, antara inget kelucuan-kelucuan selama film, atau terharu liat ending film-nya.

  5. Gw lebih parah lagi,… baru baca ulasannya , blum pernah nonton malah uda keluarr air mata,…. paraaaaaahhh,…gw cow lagi,….mantap abizzz, smoggga menjadi pelajaran bg kita untuk mensyukuri org di sekeliling kita, menyayangi anak yatim n piatu,…love u all

  6. Semua film korea telah direkomendasikan secara sangat baik..jika film ini buruk mungkin film ini tidak akan bisa keluar…contohnya drama “City Conquest” yg sudah dinanti pecinta korea..malah filmnya ngak bisa ditayangin -_-

    »Jadi jika orng sudah tau alur cerita pasti ngak bakal ngak suka«

  7. Barusan nonton…
    Awalnya dah mo ditinggal tidur,tapi penasaran dengan akhirnya..

    Eh pas ingatannya si sang-man balik langsung terbangun dan ga bisa berkata-kata lagi..

    Good movie bgt..

  8. Ini pertama kalinya aku nonton film Korea sampe nangis gini…
    dibagian awal film ini, terlihat biasa2 aja. cendrung konyol malah. tapi endingnya enggak diduga banget. Sang Man baru sadar setelah dia makan kimbap bareng ama perawat itu.
    Pokoknya, film ini TOP banget….

  9. liat file film ini,
    coba nonton lagi,
    dan tetep mewek,
    terharu nonton film ini,
    walaupun kita.merasa sendiri dan kesepian,
    sebenernya kita gak pernah bnr2 sendiri.
    akan selalu ada org yg memperhaikan kita.

    sampai skr, ini termasuk film dgn twist ending plg nggak disangka2.
    dari ketawa, sampai mewek bahkan mungkin banjir air mata. .

  10. asem,parah bener tu filem sumpah…gw yg cowo ja ampe kluar airmata,,awal na gw kira tu hantu siapa eh mlh msh kluarga,ibu,bapak,kakek,ama kakak nya ndiri…parah…sebel bgt gw ma filem korea yg satu ini.!!,

  11. waduhhh mbak..
    mo sampe brp tahun pun umurnya, jgn lah pernah share ending film..
    kasian lah yg blom nonton..
    apalagi kalo film dgn twisted ending.
    maaf saya cm ngmng bgini, meskipun saya udah pernah liat, ga akan share ending di public.
    itu udah etika nonton film.

    • Wo? Iya to? Saya baru tau tuh ada etika nonton film :p ada di UU nomer berapa yah? Hahaha ntar kutulisin spoiler alert deh. Trus gimana caranya mau diskusiin ending film kalau gitu? :p

  12. aku juga sudah nonton film ini…. mataku langsung memanas saat adegan dia tahu bahwa dia kecelakaan.. dari yang awalnya bingung seakan dihenyakan oleh scene singkat itu/// korea memang jagonya dalam film komedi mellow hahah

    • waaah nggak nyangka mas Nugros ‘nyasar’ kesini :D ooohhh jadi cuma ‘nyaris’ aja ya mas? gengsi amat sih? hihiihihi…sebelahku cowok, matanya mbrambangi lho. Bikin film yang twist-nya kayak gitu mas :D

Jadi, bagaimana menurutmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s