Setahun di Jakarta


Tidak terasa lho, setahun sudah aku di Jakarta. Rasanya seperti sekedipan mata. Seperti kemarin. Tahu-tahu Jakarta Night Festival sudah digelar lagi kedua kali aku ada di sini.

Setahun lalu…

Sebagian hatiku tertinggal di Kota Gudeg yang tenang dan nyaman. Yah, walaupun kota itu sangat panas di musim kemarau dan super macet saat akhir pekan, tapi aku cinta.

Maka, rasanya separo tak rela meninggalkannya untuk sebuah Ibukota. Yang kata orang merampas sebagian umur kita di jalanan. Tapi, demi menjajal kehidupan baru yang penuh tantangan, aku mengemas ransel seadanya dan pergi sembari tersengat pilu.

Tiga bulan pertama..

Meski separo tak rela, aku sudah memantapkan hati dan bersedia membuka diri. Aku akan menoleransi perubahan-perubahan dan perbedaan antar kota serta berusaha beradaptasi.

Tidak mudah.

Sepanjang kemacetan, aku berusaha untuk menjaga pikiran aku tetap tenang dan..numb. Tidak ada cara lain. Terima saja bahwa jalanan ruwet, sistem berantakan, kotor, dan seterusnya. Menyedihkan sekaligus menggairahkan.

Selanjutnya ketika aku sudah membawa motor, kota ini terasa sedikit akrab padaku. Aku menyusuri jalan dan lorong-lorongnya dengan antusiasme sama layaknya berburu harta karun. Menyesatkan diriku adalah satu caraku mencari ‘petualangan kecil’ sambil memuaskan rasa penasaran.

Sekarang..

Meski tak bisa kubilang aku mencintai Jakarta sepenuhnya, aku tak lagi antipati padanya. Setiap kejadian kuanggap pengetahuan dan pengalaman yang kelak jadi bagian sejarah hidupku.

Tapi meski wajah kota ini lebih akrab padaku, kuharap ia tak mengubahku jadi aku yang tak kuinginkan. Aku tetap ingin terbuka pada setiap kemungkinan, kemana takdir berhembus dan membawaku serta.

Tak tertutup kemungkinan aku akan jatuh cinta atau mencintai kota-kota lain di dunia.

Bagiku, Jogja selalu menyediakan ketenangan sementara Jakarta selalu siap memberi tantangan. Tak bisa kubilang mana yg paling kucinta sekarang.

Jakarta, sembari menghindari keramaian Jakarta Night Festival :D

One thought on “Setahun di Jakarta

Jadi, bagaimana menurutmu?

