Karena Neuer (Never) Give Up!


Jerman mengalahkan Argentina 1-0 dan akhirnya memboyong piala dunia setelah 24 tahun! Maaf, mungkin saya adalah penggemar bola musiman, tapi saat ini saya sangat senang Jerman menang!!! Banyak yang bilang bosan karena sampai memasuki tambahan waktu kedua, nyaris tak ada gol yang disarangkan kedua tim. Ada sih, gol pertama Argentina yang sempat bikin saya jantungan, tapi syukur tidak dihitung karena pemain Argentina ternyata offside, ha!

Mungkin saja, Jerman dilindungi dewa keberuntungan kali ini. Tapi saya yakin, faktor permainan tim yang dibina Joachim Löw (pelatih super cool sejagat piala dunia :P) sangat solid dan stabil walaupun pertahanannya sering kedodoran. Nah, kalau ngomong soal pertahanan, maaf saya harus tarik napas….UNTUNG Jerman PUNYA Neuer!!!

Manuel Neuer - Germany goalkeeper.  Picture taken from here

Manuel Neuer – Germany goalkeeper.
Picture taken from here

Manuel Neuer, 28 tahun, resmi jadi pemain idola saya sejak World Cup 2010 lalu. Saya yang cuma menikmati bola pada saat piala dunia, terpukau melihat kecekatan pria setinggi 1,93 meter itu menghalangi bola menyarang di gawang. Sarung tangan yang dipakainya mirip kaki cicak soalnya lengket sekali sama bola yang ditangkap! “Duh itu si Never keren banget!” ujar saya pada teman kos 4 tahun lalu.Yap, dulu saya menyangka namanya dibaca ne-ver alias ‘tidak pernah’ dalam bahasa Inggris hahaha! Orang tua mana sih yang menamai anaknya “mustahil” seperti itu? Sampai saya akhirnya menyadari bahwa itu bukan huruf ‘v’ melainkan ‘u’ sehingga dibaca noi-yer (aturan pelafalan ‘eu’ menjadi ‘oi’ seperti di Deutschland).

Sejak itu saya jadi penggemar berat penjaga gawang tim nasional Jerman itu dan bukannya para pemain lapangan lain yang ganteng-ganteng. Oh ya, saya tidak malu mengakui menggemari seseorang karena faktor fisik. Kalau para pria yang mengaku mungkin malu ya :P Tapi Neuer tidak cuma punya fisik, dia punya kemampuan dan kegesitan di lapangan! Sayangnya, pertahanan Neuer kandas di semifinal 2010 saat Jerman berhadapan dengan Spanyol. Lucunya, di piala dunia kali ini, Spanyol justru angkat koper duluan. Bola memang bundar kawan!

Tapi, bergabungnya Neuer ke timnas Jerman punya kisah tragisnya sendiri. Mulanya, Joachim Löw berharap bisa memasang Robert Enke untuk menjadi penjaga gawang Jerman di WC 2010. Sayangnya, Enke rupanya memendam depresi mendalam akibat kematian putrinya, Lara, sehingga ia bunuh diri di tahun 2009. Sehingga akhirnya Neuer bergabung sebagai keeper cadangan bagi Hans-Jörg Butt. Walaupun ujung-ujungnya dia lebih sering diturunkan gara-gara Hans cedera.

Empat tahun setelah Jerman kandas di semifinal, Neuer berkembang pesat dan makin bersinar. Bisa dibilang Neuer mengamankan area pertahanan Jerman dengan gaya bebas dan ogah diam di kotak penaltinya sendiri. Puluhan kali Neuer melakukan jemput bola dan ikut kejar-kejaran dengan pemain lawan. Aksinya itu lumayan menghibur dari kacamata awam tapi mungkin dinilai berlebihan oleh sebagian orang. The Guardian malah sempat memprediksi, kalau misalnya Jerman harus adu penalti di final, maka si Neuer berhak untuk ikut menendang hahaha!

Manuel Neuer in action. Picture in here

 

Yang paling epik dan mungkin bikin penggemar Argentina kesal setengah mati ya mungkin pas Neuer maju meninju bola yang akan disambut Gonzalo Higuain (pemain Argentina) dan lututnya (Neuer) malah mengenai telinga Higuain sampai terkapar kesakitan. Neuer terlihat merasa bersalah sekali dan berkali-kali mendekati Higuain. Tapi, saya sendiri menganggapnya kecelakaan dalam pertandingan. *melipir sebelum dikeroyok fans Argentina*

Dalam sebuah wawancara, Neuer memang mengaku kalau dia dulunya kepengen sekali jadi pemain lapangan. Tapi karena tinggi badannya terlalu sayang dilewatkan (beberapa kali dia cuma mengangkat tangan untuk menepis bola tanpa melompat :P), makanya ia ditaruh di posisi itu. Tapi ya dasar nekat, dia sering merangkap jadi defender dan uber-uberan bola dengan lawan kalau diperlukan. Jerman betul-betul beruntung punya goalkeeper merangkap sweeper yang mirip tembok Berlin itu!

Eh, yang ijo di belakang itu defender ya? XD

Karena tingkahnya yang mirip anak kecil dikasih gula itu, Neuer akhirnya menerima sarung tangan emas sebagai penjaga gawang terbaik dalam World Cup 2014 ini. Bagaimana tidak? Dari sebaran penguasaan lapangan, Neuer menempati urutan pertama dengan penguasaan lapangan lebih dari 30 persen! Ha! Mungkin setelah ini saya bakal mengikuti pertandingan FC Bayern Muenchen cuma demi melihat aksi Neuer! Ada kalimat yang beredar di kalangan netizen, “Germany was so Klose, now they Götze it, because Neuer give up!!!” Bagaimanapun, saya bisa nyengir lebar bersama para pendukung Jerman lain karena Deutschland ist Weltmeister!

Momen lain yang tak kalah haru, pertandingan dan kemenangan ini juga menutup karir internasional Miroslav Klose yang akhirnya menorehkan gol ke-16 di Piala Dunia pada pertandingan melawan Brazil lalu. Danke Klose! Danke Jogi! Danke Goetze!!!

Klose nemplok ke Neuer setelah Mario Götze melakukan gol di menit ke 113 melawan Argentina, final World Cup 2014. Picture from here

Loew: “Show you are better than Messi, show you are a better player than him and can win a World Cup” picture from here

Jadi, bagaimana menurutmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s