Pergi Tanpa Ekspektasi, catatan 33 hari di Aussie (2)


Wow…ternyata untuk rutin menulis blog bukan perkara gampang. Sudah 2 minggu berlalu sejak seri 33 hari di aussie (1). Setiap hari tubuhku sudah punya setelan waktu. Sebelum weker ponsel bunyi jam 6.50 pagi, mataku sudah terbuka lalu sulit terpejam lagi. Tahu bahwa hari akan segera dimulai.

Sekarang hampir jam 11 malam, aku ingin meneruskan catatan laluku setelah sebulan lebih beberapa hari di Darwin, Australia. Di suburbs Lyons, tepatnya.

Suhu dan Cuaca

Salah satu pertimbanganku memilih Darwin sebagai pemberhentian pertamaku di Australia adalah cuaca. Alasanku sesimpel: Northern Territory memiliki iklim dan cuaca sama dengan Indonesia, memiliki dua musim pula yakni kemarau (dry season) dan penghujan (wet season) jadi aku tak bakal kaget dengan perubahan ekstrim.

Apakah tubuhku menerima keadaan dengan gampang? Hmm…ya dan tidak. Akan kujelaskan mengapa. Pertama, ketimbang pulau Jawa, atau Jakarta lebih tepatnya, Darwin, kata seorang temanku, lebih mirip Kupang, Nusa Tenggara Timur yang panas dan matahari terasa terik menyengat! Nah, berhubung aku belum pernah ke Kupang, ya aku cuma bisa aa-00-aa-00 saja.

Aku tiba pertengahan Oktober. Kylie, ibu asuhku, sudah mewanti-wanti kalau masuk wet season, temperatur udara bisa melambung tinggi dengan tingkat kelembaban yang tinggi pula. Nah, ketika aku tiba, musim hujan belumlah mulai. Tapiiii, setelah 3 pekan, mulailah aku mengerti!

Suhu tinggi dan kelembaban tinggi sungguh bukan jodoh yang bagus. Mirip gadis remaja dipaksa kawin sama kakek-kakek, enggak cocok! Panasnya sungguh pengap! Mobil baru diparkir 15 menit saja sudah jadi sauna! Menjemur baju jam 9 pagi, rasanya seperti berada di luar rumah tengah hari saat masih di Jakarta.

 

*Sementara ini dulu deh ya

* Draft ini sudah ditulis November 2014 kemarin. Males banget ya yang punya blog ini hahaha

 

Jadi, bagaimana menurutmu?

