Makhluk Malam


Sejak menjalani pekerjaan sebagai gadis (penyortir) jeruk, kebiasaan hidup saya berubah 90 derajat. Biasanya saya memang kuat begadang sampai malam namun tetap bangun pagi (atau siang, tergantung situasi). Kini saya menjalani kehidupan nokturnal.

Rupanya cukup butuh beberapa minggu untuk mengubah kebiasaan hidup seseorang dari pagi ke siang menjadi siang ke pagi. Saya menjelma jadi makhluk malam.

Saya terbangun saat setiap orang sedang pulas tidur. Contohnya ya ini, lagi siaran iseng gara-gara tidak bisa tidur. Padahal ini tadi hari libur. Jam 9 malam saya sudah mapan di dipan, bercita-cita bangun pagi lalu sarapan scones yang saya bikin tadi dan lalala lain. 

Jam 11 malam saya terbangun. Melek. Segar bugar.

Lalu di sinilah saya, jam 2.30 pagi berjingkat ke dapur merebus mi. Kasihan yah. Apa boleh buat, biasanya tidur jam 4 atau 5 dini hari sih. Jadi tidur dua jam tadi? Mungkin dihitung tidur siang kali ya hahaha.

Masalahnya, pola makan saya jadi aneh dan mungkin tubuh saya bingung. Ini waktunya sarapan atau makan siang? Mi rebus ini kudapan atau makan malam? Tapi tadi jam 6 malam saya sudah makan kentang dan steak. Itu dihitung makan siang? Lalu cemilan jam 2 siang tadi sarapan? Aduhhh pusing ini badan, eh, kepala!

Tidak enaknya jadi makhluk malam, hidup seperti dalam kelam. Mau jalan-jalan ke luar, sudah gelap. Mana suhu musim dingin bikin badan beku. Mau nonton video lucu, enggak bisa ketawa keras-keras karena bakal ganggu teman serumah. Tidur juga terganggu karena saya mudah terbangun. Mulai tidur jam 5 pagi, terkaget bangun jam 10 pagi karena teman serumah mulai beraktivitas.

Mereka sering lupa, kalau di rumah ada satu makhluk nokturnal yang bercita-cita tidur 8 jam juga. Ah…cita-cita mulia. 

Jadi, bagaimana menurutmu?

